twitter
    Tak banyak yang kumiliki selama hidupku ini selain ilmu yang harus aku amalkan

Kamis, 14 April 2011

MOTOR INDUKSI TIGA FASA


-. Motor induksi adalah suatu mesin listrik  yang    merubah   energi  listrik  menjadi  energi gerak
   dengan menggunakan gandengan medan listrik   dan  mempunyai  slip antara  medan stator dan 
    medan rotor.
-. Motor  induksi  merupakan motor yang paling    banyak kita jumpai dalam industri.

Bagian Motor Induksi Tiga Phasa
Stator
-. Stator adalah bagian dari  mesin  yang  tidak  berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi   dan   mempunyai    alur – alur    sebagai tempat meletakkan kumparan.

ROTOR
Rotor sangkar
   Adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya  bagian  dalam. Terbuat dari besi laminasi yang  mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga     yang     dihubungkan singkat pada ujungnya
BAGIAN-BAGIAN ROTOR

Keuntungan motor tiga phasa
Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar.
-. Harganya   relatif  murah  dan   kehandalannya tinggi.
-. Effesiensi  relatif  tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil.
-. Biaya      pemeliharaan      rendah         karena
   pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan
KERUGIAN PENGGUNAAN MOTOR INDUKSI
u Kecepatan tidak mudah dikontrol
u Power faktor rendah pada beban ringan
u Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal


PRINSIP KERJA MOTOR



 (Gaya Lorentz)
F = Gaya
B = Kerapatan fluks
I  = Arus
L = Konduktor
Arus  listrik  (i)  yang dialirkan di dalam
suatu  medan  magnet  dengan kerapatan
Fluks (B) akan menghasilkan suatu gaya
Prinsip kerja 3 Phasa
              1. Bila sumber  tegangan  tiga  phasa  dipasang  pada kumpara
             stator, maka pada kumparan stator akan timbul medan putar    dengan             kecepatan
2. Medan  putar  stator  akan  memotong konduktor yangterdapat pada sisi rotor, akibatnya pada kumparan rotor   akan timbul tegangan induksi ( ggl ) sebesar
3. Kumparan motor menghasilkan arus listrik (I)
4. Adanya arus dalam medan magnet akan    menimbulkan gaya ( F ) pada rotor.
5. Bila torsi awal yang dihasilkan oleh gaya    F pada rotor cukup besar untuk memikul
    torsi  beban,  maka  rotor  akan berputar    searah dengan arah medan putar stator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar