dengan menggunakan gandengan medan listrik dan mempunyai slip antara medan stator dan
medan rotor.
-. Motor induksi merupakan motor yang paling banyak kita jumpai dalam industri.
Stator
-. Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan.
ROTOR
Rotor sangkar
Adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya
BAGIAN-BAGIAN ROTOR |
Keuntungan motor tiga phasa
Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar.
-. Harganya relatif murah dan kehandalannya tinggi.
-. Effesiensi relatif tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil.
-. Biaya pemeliharaan rendah karena
pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan
KERUGIAN PENGGUNAAN MOTOR INDUKSI
u Kecepatan tidak mudah dikontrol
u Power faktor rendah pada beban ringan
u Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal
PRINSIP KERJA MOTOR
(Gaya Lorentz)
F = Gaya
B = Kerapatan fluks
I = Arus
L = Konduktor
Arus listrik (i) yang dialirkan di dalam
suatu medan magnet dengan kerapatan
Fluks (B) akan menghasilkan suatu gaya
Prinsip kerja 3 Phasa
1. Bila sumber tegangan tiga phasa dipasang pada kumpara
stator, maka pada kumparan stator akan timbul medan putar dengan kecepatan
2. Medan putar stator akan memotong konduktor yangterdapat pada sisi rotor, akibatnya pada kumparan rotor akan timbul tegangan induksi ( ggl ) sebesar
3. Kumparan motor menghasilkan arus listrik (I)
4. Adanya arus dalam medan magnet akan menimbulkan gaya ( F ) pada rotor.
5. Bila torsi awal yang dihasilkan oleh gaya F pada rotor cukup besar untuk memikul
torsi beban, maka rotor akan berputar searah dengan arah medan putar stator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar