twitter
    Tak banyak yang kumiliki selama hidupku ini selain ilmu yang harus aku amalkan

Kamis, 14 April 2011

LISTRIK DINAMIS

Apa listrik dinamis itu..??

Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak, listrik ini bergerak dikarenakan karena adanya perbedaan potensial yang tinggi dan potensial yang rendah. Karena adanya perbedaan potensial maka aka timbul arus listrik.

KUAT ARUS LISTRIK

Arus listrik adalah Arus listrik adalah aliran muatan positif dari potensial tinggi ke potensial rendah. Aliran listrik ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak di dalam suatu penghantar. Arah arus listrik (I) yang timbul pada penghantar berlawanan arah dengan arah gerak elektron.

Muatan listrik dalam jumlah tertentu yang menembus suatu penampang dari suatu penghantar dalam satuan waktu tertentu disebut sebagai kuat arus listrik. Jadi kuat arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir dalam kawat penghantar tiap satuan waktu. Jika dalam waktu t mengalir muatan listrik sebesar Q, maka kuat arus listrik I adalah

Dalam satuan internasional (SI) kuat arus listrik memiliki symbol (I) dan satuannya disebut ampere (A)
      
BEDA POTENSIAL ATAU TEGANGAN LISTRIK
Terjadinya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif dan aliran elektron dari kutub negatif ke kutub positif, disebabkan oleh adanya beda potensial antara kutub positif dengan kutub negatif, dimana kutub positif mempunyai potensial yang lebih tinggi dibandingkan kutub negatif.
Beda potensial antara kutub positif dan kutub negatif dalam keadaan terbuka disebut gaya gerak listrik dan dalam keadaan tertutup disebut tegangan jepit.
Dalam satuan internasional (SI) tegangan listrik memiliki symbol (V)

HAMBATAN LISTRIK

HAMBATAN LISTRIK PADA RANGKAIN listrik dimaksudkan untuk menghambat arus listrik yang mengalir pada rangkain. Dalam arti lain hambatan listrik berguna untuk mengatur besarnya kuat arus listrik yang mengalir melalui suatu rangkaian listrik. Dalam dunia elektronika hambatan atau yang biasa disebut resistansi ini sangat berguna karena dapat melindungi peralatan-peralatan elektronik.
Dalam satuan internasional (SI) symbol hambatan listrik adalah (R) dan memiliki satuan ohm(Ω)
Hambatan listrik pada suatu penghatar juga ditentukan oleh jenis penghantar dan ukuran penampang penghantar. Persamaan Hubungan hambatan listrik penghantar dengan jenis penghantar dapat ditulis dengan;
HUBUNGAN ANTARA KUAT ARUS LISTRIK (I) DAN TEGANGAN LISTRIK (V) DAN HAMBATAN LISTRIK(R)
hubungan antara v dan i pertama kali ditemukan oleh fisikawan asal jerman yang bernama george simon ohm dan kemudian hubungan tersebut dinamakan hokum ohm yang berbunyi:
besar kuat arus listrik(i) dalam suatu penghantar berbanding langsung dengan beda potensial (v) dan berbanding terbalik dengan hambatannya antara ujung-ujung penghantar asalkan suhu penghantar tetap.
persamaan hubungan antara kuat arus listrik (i) dan tegangan listrik (v) dan hambatan listrik(r) dapat ditulis sebagai berikut :
Semoga bermanfaat…,,.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar