twitter
    Tak banyak yang kumiliki selama hidupku ini selain ilmu yang harus aku amalkan

Kamis, 13 Januari 2011

GENERATOR


Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air, yang menciptakan aliran air tapi tidak menciptakan air di dalamnya. Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap, air yang jatuh melakui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam, turbin angin, engkol tangan, energi surya atau matahari, udara yang dimampatkan, atau apa pun sumber energi mekanik yang lain.

SEJARAH
Michael Faraday (1791-1867) membangun pembangkit listrik pertama, "Faraday disk", membuktikan bahwa kekuatan mekanik rotary dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Perlombaan untuk generator praktis dimulai.1832-1860 skema generator Berbagai mencoba, sebagian besar menggunakan magnet permanen untuk menciptakan medan magnet yang diperlukan. Ampere dan Pixii membuat versi tangan menghidupkan pertama (1832); CG Page mengusulkan analog reciprocating dari mesin uap (1850), dan H. WildeThomas Edison (1847-1931) menemukan solusi sederhana: pada 1879, ia menyempurnakan cahaya pijar praktis. Lebih penting lagi, ia kemudian dikembangkan dan dipasarkan semua bit dan potongan untuk sistem distribusi yang lengkap: kabel bawah tanah, meter listrik, kabel, sekering, switch, dan soket. Meskipun Edison awalnya adalah pendukung DC, ketika Westinghouse dan Tesla dipromosikan AC lebih efisien, ia akhirnya beralih. Pada 1882, Edison telah terinstal tiga 125-tenaga kuda "Jumbo" generator di Pearl Street Station di New York, yang makan kekuatan untuk 5.000 lampu di 225 rumah. Pada 1895, listrik tersedia secara luas di bagian komersial kota-kota besar.
PRINSIP KERJA
generator bekerja menggunakan prinsip kerja dari percobaan faraday yaitu memutar magnet dalam kumparan atau sebaliknya, ketika magnet digerakkan dalam kumparan maka terjadi perubahan fluks gaya magnet (peribahan arah penyebaran medan magnet) di dalam kumparan dan menembus tegak lurus terhadap kumparan sehingga menyebabkan beda potensial antara ujung-ujung kumparan (yang menimbulkan listrik). syarat utama, harus ada perubahan fluks magnetik, jika tidak maka tidak akan timbul listrik. cara megubah fluks magnetik adalah menggerakkan magnet dalam kumparan atau sebaliknya dengan energi dari sumber lain, seperti angin dan air yang memutar baling2 turbin untuk menggerakkan magnet tersebut.
KONSTRUKSI

1. Rangka stator, merupakan rumah dari bagian-bagian generator yang lain.
2. Stator, memiliki alur-alur sebagai tempat meletakkan lilitan stator. Lilitan stator berfungsi
sebagai tempat GGL induksi.
3. Rotor, bagian yang berputar, pada bagian ini terdapat kutub-kutub magnet dengan
lilitannya yang dialiri arus searah, melewati cincin geser dan sikat-sikat.
4. Cincin geser yang dipasang pada poros dengan memakai bahan isolasi. Slip ring ini berputar
bersama-sama dengan poros dan rotor.
5. Generator penguat.Generator penguat merupakan generator arus searah yang dipakai
sebagai sumber arus.

1 komentar: